Tips Agar Motor Tidak Overheat Inilah yang Banyak Dimuat Berita Otomotif

Tips Agar Motor Tidak Overheat Inilah yang Banyak Dimuat Berita Otomotif. Sepeda motor merupakan salah satu kendaraan yang banyak digunakan di Indonesia. Sepeda motor yang memiliki performa baik dinilai menjadi kendaraan yang tepat digunakan sehari-hari. Namun tentu performa ini tidak lepas dari perawatan yang harus dilakukan pengendaranya. Tidak jarang juga pengendara yang merasa sudah melakukan perawatan terbaik namun performa motornya tetap menurun.

Menurunnya performa motor terkadang disebabkan oleh penggunaannya yang salah atau tidak sesuai prosedur. Salah satu masalah motor yang muncul akibat kebiasaan buruk pengendaranya adalah mesin yang terlalu panas sehingga mengganggu performa motor. Dilansir dalam beberapa berita otomotif, penyebab overheat pada mesin ini dikarenakan oli mesin yang tidak mengalir dengan baik ataupun piston pada liner silinder terlalu rapat sehingga tidak bisa bergerak.

Setiap masalah yang terjadi pada sepeda motor sebenarnya dapat dihindari dengan berbagai cara, begitu pula masalah overheat pada mesin ini. Salah satu hal yang bisa dilakukan agar motor tidak overheat adalah dengan mengoptimalkan performa komponen pendingin. Saat ini banyak motor telah dilengkapi dengan komponen pendingin eksternal, seperti oil-cooler atau pun liquid-cooler.

Pengendara harus memastikan komponen ini berfungsi dengan normal. Pengendara juga harus rutin mengganti cairan yang ada di dalam komponen pendingin agar komponen beroperasi dengan maksimal. Dalam berita otomotif dimuat bahwa jika komponen ini dirawat dengan baik akan sangat membantu mengurangi overheat yang terjadi.

Cara lain yang bisa dilakukan oleh pengendara untuk mengatasi overheat pada mesin adalah dengan memanaskan motor. Banyak pengendara yang langsung menggunakan motor seharian tanpa memanaskan mesinnya sebelum digunakan pertama kali. Hal ini berfungsi agar oli dapat melumasi mesin dengan optimal. Pengendara juga harus melakukan penggantian oli secara berkala agar performa mesin tetap baik.

Saat memanaskan mesin, pengendara juga tidak perlu memutar gas dalam-dalam. Pengendara hanya perlu membiarkan motor menyala sekitar satu sampai dua menit hingga putaran mesin stabil. Menurut beberapa berita otomotif, meskipun mesin motor sudah dipanaskan namun cara berkendara tetap menjadi penentu suhu mesin.

Usahakan agar laju motor tetap dalam kecepatan yang konstan dan putaran mesin tidak melabihi 4.000 rpm. Pengendara juga harus beristirahat setiap 3 sampai 4 jam sekali saat melakukan perjalanan jauh. Hal ini dilakukan agar mesin motor tidak terus menerus bekerja dan dapat didinginkan. Jika mesin motor bekerja terus menerus tanpa istirahat, maka suhu mesin akan terus naik sehingga terjadilah overheat. Selain itu, berisitarahat dalam perjalanan panjang juga sangat membantu mempertahankan stamina pengendara agar tetap prima selama perjalanan. Jika memungkinkan, parkirlah motor di tempat yang teduh agar mesin dingin sempurna.

Seperti tercantum dalam banyak berita otomotif, baik atau tidaknya performa motor ditentukan oleh perawatan yang dilakukan oleh pengendara itu sendiri. Dengan merawat motor secara berkala dan menggunakan prosedur yang benar, maka Anda bisa memperpanjang usia mesin kendaraan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *